Rabu, 28 Maret 2012

PTK (Penelitian Tindakan Kelas) SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK

        Bapak/Ibu guru yang sedang mencari contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK), baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, silahkan download beberapa PTK dibawah ini. Tapi ingat...! ini sekedar contoh. Bapak/Ibu harus mengembangkannya menjadi lebih bagus. Untuk mendapatkan PTK-PTK dibawah ini silahkan SMS ke 085740912423. Semoga bermanfaat. Amin.
1.        SD/MI
A.    PKn
1.        Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa SD/MI.
B.     Bahasa Indonesia
1.        Metode Demonstrasi Dalam Upaya Miningkatkan Proses Belajar Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SD/MI.
2.        Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsi Secara Tertulis Pada Siswa SD/MI.
3.        Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Pada Siswa SD/MI.
4.        Metode Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Siswa SD/MI.
5.        Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa SD/MI.
6.        Penerapan Pendekatan Proses 5 Fase untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis pada Siswa SD/MI.
7.         Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Dan Menulis Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Siswa SD/MI.
8.        Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara dan Membaca Dengan Menerapkan Metode STAD dan Metode Role Playing Pada Siswa SD/MI.
C.     Matematika
1.        Efektivitas Pembelajaran Materi Pelajaran Bangun Datar Dengan Metode STAD Dan Alat Bantu MBDW Pada Siswa SD/MI.
2.        Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Menerapkan Metode Pemberian Balikan Pada Siswa SD/MI.
3.        Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Dengan Metode Demontrasi Dan Upaya Memotivasi Siswa Dalam Pembelajaran Kepahlawanan Dan Patriotisme Tokoh-tokoh Di Lingkungan Anak Melalui Pemberian Penguatan Verbal Dan Non Verbal Pada Siwa SD/MI.
4.        Penggunaan Metode Bervariasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SD/MI.
5.        Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa SD/MI.
6.        Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation  (Group Invesigation) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SD/MI.
7.        Model Pembelajaran Realistik Dengan Menggunakan Contoh yang Relevan Dengan Pengalaman Anak Serta Model Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Konsep Pemahaman Siswa Tentang Sifat Bangun Ruang Siswa SD/MI.
8.        Peningkatan  Proses Pembelajaran  Tentang Luas Bangun Melalui Model Kooperatif STAD dan Kuis pada Siswa SD/MI.
9.        Meningkatkan Hasil Belajar  Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa SD/MI.
10.    Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SD/MI.
D.    IPA
1.        Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa SD/MI.
2.        Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa SD/MI.
3.        Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD/MI.
4.        Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa SD/MI.
5.        Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi dan Penguasaan Materi Pelajaran IPA Siswa SD/MI.
E.     IPS
1.        Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa SD/MI.
2.        Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa SD/MI.
3.        Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran IPS Pada Siswa SD/MI.
4.        Penggunaan Media Gambar Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SD/MI.
5.        Pengaruh Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Kerja Kolompok Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa SD/MI.
6.        Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetahuan Sosial Melalui Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik Pada Siswa SD/MI.
7.        Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa SD/MI.
F.      Penjas Orkes
1.        Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik Siswa SD/MI.
2.        Upaya  Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan  Dalam  Bermain Sepak Bola Melalui Metode Demonstrasi Siswa SD/MI.
3.        Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada Siswa SD/MI.
G.    PAI
1.      Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Diterapkannya Metode Demonstrasi Pada Siswa SD/MI.
2.      Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Tuntas Pada Siswa SD/MI.
3.      Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa SD/MI.
4.      Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan  Menerapkan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa SD/MI.
5.      Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SD/MI.
H.    Bimbingan dan Konseling
1.      Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang Pada Siswa SD/MI.
I.       Bahasa Inggris
1.        Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT Pada Siswa SD/MI.
2.        Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa SD/MI.
2.        SMP/MTs
       A.    PKn
            1.   Implementasikan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PKN Siswa Kelas VII SMP/MTs.
B.     Bahasa Indonesia
1.      Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa SMP/MTs Melalui Penerapan Kegiatan Menulis Jurnal Dan Pemanfaatannya Untuk Penilaian Autentik.
2.      Pendekatan Metode Belajar Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Siswa SMP/MTs.
3.      Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Metode Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP/MTs.
4.      Peningkatan  Kemampuan Membaca Indah Puisi Dengan Iringan Alat Musik Siswa Kelas VII SMP/MTs.
5.      Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan melalui Media Foto ”Probolinggo Tempo Dulu” pada Siswa Kelas VIII SMP/MTs.
C.     Matematika
1.      Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Dengan Media VCD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP/MTs.
2.      Penggunaan Metode Diskusi dan Penemuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs.
3.      Meningkatkan Ketahanan Pribadi Siswa Kelas VIIA SMP/MTs  Dalam Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
4.      Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Teknik STAD pada Siswa Kelas VII SMP/MTs.
5.      Penggunaan Lembar Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Matematika Siswa Kelas IX SMP/MTs.
6.      Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Contoh Soal Berjenjang Dan Solusi Argumentatif Menggunakan Lks Scafollding  Di Kelas VII SMP/MTs.
D.    Bahasa Inggris
1.      Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together pada Siswa SMP/MTs.
2.      Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melelui Penerapan Metode Contextual Teaching Learning Pada Siswa VIII SMP/MTs.
3.      Strategi Memanfaatkan Media Gambar melalui Permainan Riddle Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP/MTs.
Kelas IX SMP/MTs pada Teks Deskriptif.
4.      Memanfaatkan Language Laboratory Dalam Pelajaran Bahasa Inggris Tema Expressing Certainty/Uncertainty Dengan Teknik Role Play Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas IX SMP/MTs.
E.     IPA
1.      Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw di SMP/MTs.
2.      Upaya Peningkatan Ketrampilan Siswa Merangkaian Alat-Alat Untuk Mengoptimalkan Metode Eksperimen Di SMP/MTs.
3.      Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Melalui Penggunaan  Wordsquare Pada Siswa  Kelas 8 SMP/MTs.
4.      Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas IX SMP/MTs Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS.
F.      IPS
1.      Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pengajaran Berbasis Tugas/Proyek Pada Siswa SMP/MTs.
2.      Penerapan Pembelajaran Metode KUKAMAR Berkelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Pada Kelas VII SMP/MTs.
3.      Penerapan Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPS sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP/MTs.
G.    PAI
1.      Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs.
2.      Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MTs Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw pada Pelajaran Akidah Akhlak.
3.      Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) Di MTs.
4.      Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Kompetensi Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah dengan Teknik Diskusi Di kelas VII SMP/MTs.
H.    Bimbingan dan Konseling
1.      Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas IX Semester 2 Melalui Konseling Eklektif Dengan Perilaku Attending di SMP/MTs.
2.      Meningkatkan Prestasi Belajar Bidang Bimbingan Sosial Materi Tata Krama dalam Kehidupan Bermasyarakat Siswa Kelas VIII Semester II SMP/MTs dengan Bimbingan dan Konseling.
I.       Bahasa Jawa
1.      Penggunaan Metode Bermain Peran  Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Di SMP/MTs.
J.       Seni Budaya
1.      Penggunaan Metode Segmentasi dapat Meningkatkan Prestasi Siswa SMP/MTs pada Mata Pelajaran Seni Budaya.
3.        SMA/MA
A.    PKn
1.   Fungsi Bimbingan dan Penyuluhan (BP) Dalam Mprestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa SMA/MA.
B.     Bahasa Indonesia
1.      Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Dengan Menggunakan Metode Klos Siswa  Kelas XI IPA SMA/MA.
C.     Kimia
1.      Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X SMA/MA pada Kompetensi Dasar Struktur Atom, Sifat-sifat Periodik Unsur dan Ikatan Kimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD.
2.      Peningkatan Motivasi Belajar Kimia  Melalui Metode Role Playing Pada Kelas  X SMA/MA.
D.    Matematika
1.      Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran MateriLlogaritma Bagi Siswa Kelas X SMA/MA.
2.      Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang dengan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas X SMA/MA.
E.     Sejarah
1.      Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran Sejarah Dengan Model Scramble Dalam Rangka Peningkatan Ranah Kognitif Dan Afektif Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMA/MA.
F.      Ekonomi
1.      Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA/MA Pada Mata Pelajaran Ekonomi.
G.    Biologi
1.      Praktikum Biologi Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Kinerja Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Metabolisme Pada Siswa Kelas XII Ilmu Alam  SMA/MA.
2.      Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Biologi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
H.    Bahasa Jerman
1.      Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI  Bahasa SMA/MA Dengan Menggunakan Role Play.
4.        SMK
1.      Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah HAM Dengan Menggunakan Problem Based Learning Dalam Mata Pelajaran PKn Siswa SMK.
2.      Penggunaan Kartu Domino Unsur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Lambang Unsur Siswa Kelas X Mekanik Semester I SMK.
3.      Penggunakan Media Komputer Dengan Perangkat Lunak Autodesk Inventor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Menggambar Teknik Mesin Kelas II Program Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK.
4.      Peningkatan Kompetensi Mengatasi Masalah Power Suply Tegangan Rendah dengan Pendekatan Problem Based Learning Melalui Media Flowchart Bagi Siswa Kelas XII Audio Video SMK.
5.      Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Merakit Komponen Elektronika Melalui Model Pembelajaran ”Project Work” pada Siswa Kelas XI SMK.
6.      Meningkatkan Minat Belajar Bidang Bimbingan Pribadi dan Sosial Materi Pentingnya mengatur waktu di Sekolah pada Siswa SMK Dengan Menggunakan Layanan Informasi.
7.      Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Bidang Bimbingan Pribadi dan Sosial Materi Mengatasi Stres dan Depresi Siswa Kelas VIII SMK Dengan Layanan Kelompok.
8.      Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif “Metode Berfikir & Berbagi (Think Pair And  Share Method)”  Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran KKPI Siswa SMK.
9.      Penerapan Teknik Resitasi Guna Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  Pada Siswa SMK.
10.  Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Simulasi Speaking And Listening Game Siswa Kelas X1 SMK Analisis Kimia.
11.  Meningkatkan Kemampuan  Dan Kreativitas Siswa Dalam Mempelajari Program Microsoft Excel  Melalui  Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Tingkat X Di SMK.
12.  Penggunaan Model Pembelajaran  Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMK.
13.  Penerapan Metode Kooperatif Jigsaw  Dalam Pembelajaran Pkn  Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  Kelas X Akuntansi SMK.
14.  Penjelasan Guru Secara Singkat Dapat Menghilangkan Kejenuhan Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PAI di SMK.
15.  Sanksi Akademis  Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam  Pembelajaran  PAI di SMK.
16.  Menggunakan  Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran  PAI di SMK.
17.  Kolaborasi Beberapa Pokok Bahasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Terhadap Satu Pokok Bahasan Hubungannya Dengan Bahasan Lain Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK.
18.  Sertifikasi Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mengaplikasi Pembelajaran  PAI Di SMK.
19.  Peningkatan Kebiasaaan Sholat Lima Waktu Melalui Pemberian Motivasi Multi Aspek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar